📝 Status Karakter
Kamu bebas mengembangkan status STR (Strenght), INT (Intelligence), VIT (Vitality), AGI (Agility), dan DEX (Dexterity) dengan mengalokasikan status point yang kamu terima saat Lv UP.
Kamu akan mendapatkan +2 poin status saat Lv UP.
Kamu juga dapat menerima +5 poin untuk setiap Lv dari Medal (Prestasi)
🔻 Level
Level Mempengaruhi MaxHP dan MaxMP.
🔻 Max Hp
Berapa banyak Poin kesehatan (Health Point/HP) yang kamu miliki? Jumlah MaxHP adalah 99.999 HP, tetapi dapat melebihi batas ketika menggunakan Life Potion (Item Orb)
🔻 Max MP
Berapa banyak Mana Point (MP) yang kamu miliki?
1 MP bar = 100MP. Setiap 100MP memberikan 1 basis Attack MP Recovery (AMPR).
Jumlah maksimum MP adalah 2000, jadi jika MaxMP menyentuh 2k, maka memperoleh 20 AMPR. MaxMP masih dapat melebihi batas ketika menggunakan Mana Potion (Item Orb).
STATUS UTAMA
🔻 STR (Strenght) - Kekuatan
- ATK UP: Pedang 1-Tangan / Pedang 2-Tangan / Tongkat
- Peningkatan stabilitas: Busur/ Tongkat
- ASPD Meningkat: Pedang 1-Tangan / Pedang 2-Tangan / Tinju
- Meningkatkan Critical Damage
*STR+5 = 1 Critical Damage.
*Critical Damage Dasar adalah +150.
*STR+10 = 1% Sukses Rate, Untuk Pandai Besi Buat Perlengkapan (Craft Equipment)
🔻 INT (Intelligence) - Kecerdasan
- MaxMP meningkat (UP)
- ATK tongkat meningkat (UP)
- MATK meningkat (UP)
- MDEF meningkat (UP)
- Kecepatan serangan (ASPD) tongkat meningkat
*INT+1 = 0,1 MaxMP.
*Zirah Normal: INT+1 = 1 MDEF.
*Zirah Ringan: INT+1 = 0,25 MDEF.
*Zirah Berat: INT+1 = 2 MDEF.
*Tanpa Zirah: INT+1 = 0,1 MDEF.
*INT+10 = 1% Sukses Rate, Untuk Alkimia Padu Item (Membuat Jamu, Potion, atau Ramuan. Bukan Lock/Ganti Tampilan/Padu Perlengkapan)
🔻 VIT (Vitality) - Daya Hidup
- HP Maksimum meningkat (UP)
- DEF menignkat (UP)
*MaxHP: (VIT + 22.41) * Level Karakter / 3 + 93
*Zirah Normal: VIT+1 = 1 DEF.
*Zirah Ringan: VIT+1 = 0,25 DEF.
*Zirah Berat: VIT+1 = 2 DEF.
*Tanpa Zirah: VIT+1 = 0,1 DEF.
🔻 AGI (Agility) - Kelincahan
- ATK meningkat (UP) untuk senjata Tinju
- Penghindaran (FLEE) UP
- Kecepatan serangan (ASPD) meningkat
- Waktu casting (CSPD) meningkat
*Zirah Normal: AGI+1 = 1 FLEE.
*Zirah Ringan: AGI+1 = 0,25 FLEE.
*Zirah Berat: AGI+1 = 2 FLEE.
*Tanpa Zirah: AGI+1 = 0,1 FLEE.
🔻 DEX (Dexterity) - Ketangkasan
- ATK UP: Pedang 1-Tangan / Pedang 2-Tangan / Busur
- Peningkatan stabilitas: Pedang 1-Tangan / Pedang 2-Tangan / Busur/ Tinju
- Hit (HIT) Meningkat
- Peningkatan kecepatan serangan (ASPD)
- Waktu casting (CSPD) meningkat
*DEX+1 = 1 HIT/Accuracy
*DEX+6 = 1 Kesulitan Pemain (Player Difficulty) [Dif Player]
STATUS PRIBADI
Status pribadi akan tersedia jika level karaktermu telah mencapai Lv 40. Sesuai namanya status ini tidak berpengaruh terhadap anggota Regu.
🔻 CRT (Critical)
Critical rate akan naik
*CRT+3,4 = 1 Critical/Critical Rate/Critical Flat.
*CRT+255 = 75 Critical Rate.
*Critical Rate Dasar adalah +25.
🔻 MTL (Mental)
Kekebalan terhadap status buruk akan naik
*MTL+3,4 = 1 Resistensi Status Buruk (Ailment Resistence)
*MTL +255 = 75% Resistensi Status Buruk
🔻 LUK (Luck)
Drop rate akan naik
*LUK+10,2 = 1% Drop Rate.
*LUK+255 = 25% Drop Rate.
*LUK+255 + Anti-Degradasi (75%) = 95% mengurangi kemungkinan turun/pecah saat menempa/refine.
🔻 TEC (Technique)
Keberhasilan produksi akan naik
*TEC+1 = 1 MaxMP
*TEC+2 = 1 Kesulitan Pemain (Player Difficulty)
STATUS PERTEMPURAN
Jumlah serangan fisik yang Anda miliki. Makin tinggi ATK makin besar luka serangan fisik pada musuh.🔻 MATK (Magic Attack) - Serangan Sihir
Jumlah serangan sihir yang kamu miliki. Makin tinggi MATK makin besar luka serangan sihir pada musuh.
🔻 HIT (Hit Rate) - Akurasi
Akurasi serangan Fisik Anda, Akurasi naik seiring naiknya HIT, dapat mengurangi grace.
🔻 FLEE (Dodging Rate) - Menghindar
Ini adalah kemampuan untuk menghindari serangan (Jangan bingung dengan penghindaran, yang berbeda). Menyebabkan serangan monster meleset.
🔻 DEF (Defense) - Ketahanan Fisik
Makin tinggi DEF makin kecil luka serangan fisik dari musuh.
0 - 250: pengurangan 0,8% per 10 DEF
250 - 1250: pengurangan 1% per 100 DEF
1250+: pengurangan 3% per 1000 DEF
🔻 MDEF (Magic Defense) - Ketahanan Sihir
Makin tinggi DEF makin kecil luka serangan sihir dari musuh.
0 - 250: pengurangan 0,8% per 10 MDEF
250 - 1250: pengurangan 1% per 100 MDEF
1250+: pengurangan 3% per 1000 MDEF
🔻 ASPD (Attack Speed) - Kecepatan Serangan
Jeda serangan memendek seiring naiknya ASPD. Saat ASPD melampaui jumlah tertentu, kecepatan aksi (Motion Speed) bertambah. Jika kecepatan serangan Anda 1000 ASPD jeda serangan menjadi 0. Maksimal Kecepatan Aksi (Motion Speed) adalah 50%.
Lebih dari 1000 ASPD pada setiap 180 poin ASPD diubah menjadi 1% Kecepatan Aksi. Jadi untuk Jeda serangan menjadi 0 dan Kecepatan Aksi +50% dibutuhkan 10.000 poin ASPD.
1000 ASPD : 0 Sec Delay
3000 ASPD : 0 Sec Delay, +11% Motion Speed
5000 ASPD : 0 Sec Delay, +22% Motion Speed
7000 ASPD : 0 Sec Delay, +33% Motion Speed
9000 ASPD : 0 Sec Delay, +44% Motion Speed
10,000 ASPD : 0 Sec Delay, +50% Motion Speed
🔻 CSPD (Cast Speed) - Kecepatan merapal
Waktu rapal dan himpun berkurang seiring naiknya CSPD. Beberapa skills tidak terpengaruh status ini, seperti:
- Finale, tidak terengaruh dengan status CSPD, namun semakin tinggi CSPD maka Aggro akan semakin berkurang, jika CSPD minus aggro tidak akan bertambah. Lalu skill MP Charge tidak terpengaruh dengan CSPD minus, namun jika CSPD semakin tinggi maka Waktu rapalan semakin cepat.
- War Cry of Struggle
- Power Shot
- Snipe
Setiap 20 CSPD mengurangi Cast Time (waktu merapal) 1%, nilai maksimum adalah 50% pada 1000 CSPD. Setelah itu, diperlukan 180 CSPD untuk pengurangan setiap 1% .
1000 CSPD: -50% cast Time
3000 CSPD: -61% cast Time
5000 CSPD: -72% cast Time
7000 CSPD: -83% cast Time
9000 ASPD: -94% cast Time
10.000 CSPD: -100% cast Time
📝 Skill
Anda dapat menggunakan Point Skill yang diterima saat Anda LvUP untuk menaikan Level Skill.
Minimal menaikan skill Lv 5 unutk membuka skill selanjutnya.
Poin Skill juga dapat diperoleh dari Medali (Prestasi) jika kondisi tertentu terpenuhi!
📝 Ganti Karakter
Menu ➜ Karakter ➜ Ganti Karakter
Semua poin status dan poin keterampilan yang diperoleh di [Medal] akan diwariskan ke karakter lainnya
📝 Weapon (Senjata)
Sword (Pedang)
Sederhana dan merupakan senjata paling standar.
- Ketahanan mudah ditingkatkan dengan membawa tameng dan daya serang dapat ditingkatkan dengan membawa pedang besar.
- Dianjurkan untuk fokus menaikkan STR (kekuatan).
Bow (Busur)
Memiliki karakteristik dapat menyerang dari jarak jauh.
- Dapat juga menyelesaikan pertempuran tanpa luka dengan menyerang dan kabur berulang kali.
- Luka yang diberikan lebih rendah dibandingkan senjata jarak pendek.
- Dianjurkan untuk fokus menaikkan DEX (kelihaian).
Staff (Tongkat)
Tongkat juga dapat digunakan untuk memukul namun karakteristiknya adalah bertarung dengan menggunakan sihir.
- Memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi karena sihir tidak dapat dilancarkan bila mendapat luka saat sedang merapal sihir.
- Namun tongkat memiliki daya serang sihir yang tinggi sehingga luka besar dapat diperoleh dengan mudah bila pandai menggunakannya.
- Kurang cocok untuk menghancurkan bagian tubuh musuh karena memiliki sedikit efek pelumpuh seperti bergidik, terjatuh, dll.
- Disarankan untuk fokus menaikkan INT (intelektualitas).
Knuckle (Tinju)
Memukul dengan kepalan tinju.
- Serangan dan penghindaran pun meningkat sesuai AGI agility (ketangkasan) sehingga di awal-awal akan sangat mudah pembinaannya.
- Daya serang finalnya lebih rendah dari senjata lain sehingga nantinya pemain perlu pintar-pintar mengakali penggunaannya.
- Terdapat banyak status buruk yang praktis yang dapat diberikan kepada musuh sehingga seringkali berguna dalam berbagai situasi.
- Dianjurkan untuk fokus menaikkan AGI (ketangkasan)
Bare Hand (Tangan Kosong)
Hobi-hobian.
- Sulit untuk dibina karena perlu menaikkan berbagai status.
- Mungkin tidak ada skill yang benar-benar cocok dengan tangan kosong.
📝 Reset
Dengan menggunakan "Reset Book (Pustaka Rimulai)", Anda dapat mereset status.
Peringatan: Sekali dipilih tak bisa diganti lagi. Bisa diganti asalkan anda memiliki Item Orb "Buku Cermin Kenangan" atau Meresetnya dengan menggunakan 15 Orb. (reset status pridi)
🔻 Point Skill
Poin Skill dapat didistribusikan ulang dengan menggunakan Orb atau item khusus di bawah ini.
*Apabila item khusus dimiliki, maka item akan digunakan terlebih dahulu, bukan Orb.
*Berhati-hatilah karena bila Skill Tree yang telah dihapus ingin dipelajari kembali, maka skill perlu dibeli ulang.
"Book of Oblivion (Buku Hampa)" ialah item yang dapat mereset semua skill tree yang telah dipelajari dan mengembalikan poin skill agar dapat didistribusikan ulang. Untuk mereset semua skill tree yang telah dipelajari, pilih,
Menu ➜ Karakter ➜ Skill ➜ Reset Skill Tree
lalu gunakanlah "Buku Hampa". "Buku Hampa" juga dapat digunakan dari,
Menu ➜ Orb Shop ➜ Pakai Item Khusus
*Reset Skill Tree:
Hal ini dapat dilakukan dengan "Notebook of Oblivion (Notes Hampa)" atau "Orb x10".
Notebook of Oblivion (Notes Hampa) ialah item yang dapat mereset skill tree yang dipilih dan mengembalikan poin skill agar dapat didistribusikan ulang. Untuk mereset skill tree tertentu, pilih,
Menu ➜ Karakter ➜ Skill
kemudian pilih skill tree yang ingin direset dan pilihlah "Reset" yang terdapat di kanan bawah layar, lalu gunakanlah "Notes Hampa". "Notes Hampa" tidak dapat digunakan dari,
Menu ➜ Orb Shop ➜ Pakai Item Khusus
📽 Video
[Segera]
🌐 Referensi
- https://id.toram.jp/faq/category/?type=character
- https://id.toram.jp/faq/category/?type=game
- https://www.facebook.com/groups/kaesatoramonline/posts/577082209661163/
- https://toramonline.com/index.php
Haaya bagus
BalasHapusMksh kak
Hapusgan, kalau menggunakan equipment kecepatan merapal sampai 100%
BalasHapusapa perlu DEX juga ?
bang bang, base aspd berapa yak?
BalasHapus