Barrier (Pelindung)

 

Barrier (Pelindung)

Barrier (Pelindung) bertugas melakukan pemotongan kerusakan berdasarkan status pelindung masing-masing (Fisik/Sihir) atau berdasarkan % barrier untuk kerusakan Fraksional. Status ini seperti pelindung sesaat yang akan hancur ketika menerima 1x kerusakan (Fisik, Sihir atau Fraksi).

Barrier akan pulih kembali dalam waktu 30 sec. Status keaktifan barrier ini dapat dilihat di icon buff (dibawah bar HP). Saat mode bertarung, status ini langsung aktif apabila kamu memiliki stat tersebut. Barrier terbagi tiga yaitu:
  1. Physical Barrier (Pelindung Fisik) - Kuning
    Pelindung Fisik, melakukan pemotongan serangan Fisikal
  2. Magic Barrier (Pelindung Sihir) - Ungu
    Pelindung Sihir, melakukan pemotongan serangan Sihir
  3. Fractional Barrier (Pelindung Fraksional) - Biru 
    Pelindung Fraksi, bekerja berdasarkan % pada MaxHP Anda

Perhitungan Barrier

🔻 Physical Barrier & Magic Barrier (Pelindung Sihir)

Physical Barrier (Pelindung Fisik) & Magic Barrier (Pelindung Sihir)

Pada dasarnya perhitungan Barrier untuk fisikal dan sihir itu sama, hanya pengurangan dan penjumlahan:

Rumus:
Physical/Magic Barrier - Damage 

Contoh ke-1:  Kondisi Damage tidak melebihi Barrier

Kondisi Damage tidak melebihi Barrier

Penjelasan Gambar
➜ Kita memiliki Physical Barrier (Pelindung Fisik) +1500
➜ Kerusakan Fisik yang diterima 926
➜ Karena nilai kerusakan dibawah nilai barrier, maka kerusakan yang diterima akan menjadi "1"

Penjelasan lainnya
➜ Katakanlah kita memiliki Physical Barrier +1000 
➜ Lalu menerima damage 500
➜ maka, 1000 - 500 = 500 (Seluruh damage bisa ditahan dan menyisakan 500 barrier, maka keluaran akan menjadi "1")
➜ Damage outputnya adalah "1"

Intinya jika nilai barrier masih tersisa ,maka damage keluarkan akan menjadi 1



Contoh ke-2:  Kondisi Damage melebihi Barrier

Kondisi Damage melebihi Barrier

Penjelasan
➜ Kita memiliki Physical Barrier +1500 
➜ Lalu menerima kerusakan fisik 3678
➜ maka, 1500 - 3678 =  -2178 (damage sisa yang diterima)



🔻 Fractional Barrier (Pelindung Fraksional)

Fractional Barrier (Pelindung Fraksional)

Mengurangi kerusakan fraksional % berdasarkan maxHP Anda. Rumus, 

((Fractional Barrier %(MaxHP)) - Damage Taken) or
((Fractional Barrier % - Fractional Damage %)*MaxHP) 

Contoh

Fractional Barrier (Pelindung Fraksional)

Penjelasan Gambar
➜ MaxHP 21935
➜ Kita memiliki Fractional Barrier (Pelindung Fraksional) 15%
➜ Boss Colon memiliki serangan fraksi berdasarakan MaxHP sekitar 27-30%
➜ Jadi,
    - Perkiraan serangan boss tersebut adalah 6141 (fraksi 28%)
    - Pelindung fraksi 15% = 3290 (dari MaxHP)
    - Perkiraan hasil akhir adalah 6141 - 3290 = 2851 ≈ 2828

Penjelasan Sederhana (cara lain)
➜ Kamu memiliki Pelindung Fraksi 10% 
➜ MaxHP 10.000
➜ Terkena serangan Fraksi 30% berdasarkan maxHP (3.000 kerusakan)
➜ Jadi sekarang Fraksi 30% dikurang Pelindung Fraksi 10%
      - (30% - 10% = 20%), jadi 20% dari MaxHP adalah 2.000 (kerusakan yang diterima)




Barrier Cooldown

Barrier Cooldown

Semua Barrier memiliki cooldown 30 detik sebelum dapat digunakan kembali. Namun terdapat dua stat yang mempengaruhi cooldown ini, yaitu:
  • Barrier Cooldown +% (Kecepatan Pelindung +%), mengurangi waktu cooldown
  • Barrier Cooldown -% (Kecepatan Pelindung -%), meningkatkan waktu cooldown
🔻 Barrier Cooldown (Kecepatan Pelindung)
Dalam permainan toram, setiap 5% = 1 detik
jadi, 
- Setiap -5% = +1 detik dan 
- Setiap +5% = -1 detik

Contoh ke-1: Barrier Cooldown +% (Kecepatan Pelindung +%)

Contoh ke-1: Barrier Cooldown +% (Kecepatan Pelindung +%)
Penjelasan,
➜ Base Cooldown adalah 30
➜ Barrier Cooldown 10% = - 2 detik
➜ Jadi, CD barrier adalah 30 - 2 = 28 detik

Contoh ke-2: Barrier Cooldown -% (Kecepatan Pelindung -%)

Contoh ke-2: Barrier Cooldown -% (Kecepatan Pelindung -%)

Penjelasan,
➜ Base Cooldown adalah 30
➜ Barrier Cooldown -150% = + 30 detik
➜ Jadi, CD barrier adalah 30 + 30 = 60 detik



Perhitungan lainnya
Ini adaah rumus yang dibagikan oleh salah satu akun bernama 【Ainred】

Rumus:
Base cooldown - (20 * (BC stat / 100))
- Base Cooldown =  30
- Barrier Cooldown (BC) = Lihat di perlengkapan (EQ)
- Konstanta,
  - 20
  - 100

Contoh ke-1: Barrier Cooldown +% (Kecepatan Pelindung +%)

Contoh ke-1: Barrier Cooldown +% (Kecepatan Pelindung +%) 2

Penjelasan,
➜ 30 - (20 * (10/100))
➜ 30 - (20 * 0.1)
➜ 30 - (2)
28 detik Barrier Cooldown

Contoh ke-2: Barrier Cooldown -% (Kecepatan Pelindung -%)

Contoh ke-2: Barrier Cooldown -% (Kecepatan Pelindung -%) 2

Penjelasan,
➜ 30 - (20 * (-150/100))
➜ 30 - (20 * -1.5)
➜ 30 - (-30)
60 detik Barrier Cooldown




📽 Kesimpulan

  • Status Barrier akan aktif jika Karaktermu masuk ke dalam mode bertarung, namun hanya stat barrier yang kamu milikih lah yang akan langsung aktif
  • Barrier akan hilang apabila terkena 1x damage, walaupun damage yang diterima hanya bernilai 1. 
  • Nilai kerusakan Barrier tidak dapat kurang dari 1.
  • Tank Resist lebih sering terkena kerusakan fisikal, dan sihir. Aku rasa stat ini tidak akan efektif, kecuali untuk DPS/motion tank yang jarang terkena damage secara langsung.
  • Status Fraksional Barrier mungkin sangat berguna untuk tank, karena dibeberapa Bos memiliki serangan fraksional yang kemunculannya sangat jarang, aku rasa ini akan cocok.
  • Dibeberapa boss seperti Arachni dan Seele memiliki serangan sihir yang dahsyat, terkadang status Magic Barrier berguna untuk bos-bos yang memiliki kharakteristik seperti ini.
  • Walaupun Barrier tidak begitu penting, nyatanya status ini selalu menyelamat kita disaat-saat genting. Oleh karena itu, penting atau tidak nya tergantung diri masing-masing.
  • Pendapat pribadi, aku lebih menyarankan untuk memilikinya walaupun nilai dari barrier sangat kecil.

📽 Video

[Segera]


🌐 Referensi


2 komentar

  1. Kak Nava. Saya banyak belajar dr website kakak. Khusus konteks mengenai perbedaan Barrier Fisik/Magic sama Barrier Fractional.

    Kenapa Barrier Fisik/Magic dicantum nominal angka, sedangkan fraction hanya persentase.

    Apa karena ada faktor yang bikin Damage Fisik & Magic jadi gak konstan/tetap kayak damage Fractional, atau gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak diary, saya senang postingan sya bisa bermanfaat

      Saya jawab y,
      Pada dasarnya p/m resist itu hanya penjumlahan dan pengurangan sedangan fraksional itu tipe damage persentase, maka dari itu di stat eq tertulis angka desimal dan persentase saja.

      Hapus


EmoticonEmoticon