Defense merupakan ketahanan terdapat serangan Fisik dan Sihir. Tipe serangan yang bisa ditahan sama seperti resist (kekebalan), namun memiliki perhitungan yang berbeda. Defense terbagi dua, yaitu:
- DEF (Defense) = Ketehanan terdahap serangan Fisik
- MDEF (Magic Defense) = Ketehanan terhadap serangan Sihir
Semakin tinggi DEF maka semakin kecil luka serangan fisik dari musuh, sama halnya semakin tinggi MDEF maka semakin kecil luka serangan sihir dari musuh. Kamu dapat melihat DEF/MDEF di status pertempuran:
Menu ➜ Karakter ➜ Status
- 0 hingga 250 DEF/MDEF, setiap 10 Point = 0,8%
Contoh:
Total 250 poin DEF/MDEF = 250/10 = 25 * 0,8 = 20% pengurangan luka. - 250 hingga 1250 DEF/MDEF, setiap 100 Point = 1%
Contoh:
Total 1250 poin DEF/MDEF = 1250 - 250 = 1000/100 = 10 * 1 = 10% + 20% = 30% pengurangan luka. - Lebih dari 1250 DEF/MDEF, setiap 1000 Point = 3%
Contoh:
Total 3250 poin DEF/MDEF = 3250 - 1250 = 2000/1000 = 2 * 3 = 6% + 30% = 36% pengurangan luka.
NB
- Kita membutuhkan 24.584 DEF/MDEF untuk mengurangi luka fisik/sihir menjadi 1 luka.
- Perlengkapan anak panah (arrow) pada Sub Senjata (Sub Weapon) mengurangi DEF/MDEF sebanyak 25%.
📽 DEF/MDEF lainnya
Kamu dapat memperoleh stat DEF/MDEF dengan cara berikut:
- Menaikan status karakter VIT untuk DEF, dan INT untuk MDEF.
- Perlengkapan Zirah (Armor)
- Status DEF pada Zirah (Armor)
Armor (Zirah)
- Armor Normal
DEF = Level + VIT + Peralatan DEF
MDEF = Level + INT + DEF Peralatan - Armor Ringan
DEF = (0,8 x Level + 0,25 x VIT) + DEF Peralatan
MDEF = (0,8 x Level + 0,25 x INT) + DEF Peralatan - Armor Berat
DEF = (1,2 x Level + 2 x VIT) + DEF Peralatan
MDEF = (1,2 x Level + 2 x INT) + DEF Peralatan - Tanpa Armor
DEF = (0,4 x Level + 0,1 x VIT) + DEF Peralatan
MDEF = (0,4 x Level + 0,1 x INT) + DEF Peralatan
Setelah menghitung basis DEF/MDEF, saatnya mulai menghitung final.
DEF/MDEF Akhir = Base x (1+Total DEF/MDEF%) + Total DEF/MDEF
Catatan
Total DEF/MDEF% dari eq stat, skill, penalti panah, dll
Total DEF/MDEF dari eq stat, skill, ava dll
Dan apa yang terjadi jika DEF/MDEF Negatif?
akan meningkatkan damage yang kamu terima
DEF Negatif = Meningkatkan kerusakan fisik musuh
MDEF Negatif = Meningkatkan magic damage musuh
Rumus mekanik mereka hanya satu langkah
Setiap 10 poin negatif meningkatkan kerusakan yang diterima sebesar 0,8%
Hanya langkah itu, saya melakukan tes meikyo lv 1 dengan karakter lv 1
saya mendapat -1000 DEF/MDEF, dan membandingkan dengan 0 DEF/MDEF
Hasilnya mengecewakan, saya mendapat kerusakan seperti 80% lebih banyak 1000/10 x 0,8% = 80%.
📊 Skills
Skill Meningkatkan DEF/MDEF
- LV 1 = DEF & MDEF 51.5%
Lv 10 = DEF & MDEF 200% - LV 1 = DEF +2 (Flat) & MDEF 1% (Percentage)
Lv 10 = DEF +20 (Flat) & MDEF 10% (Percentage) - LV 1 = DEF +2 (Flat) & MDEF 1% (Percentage)
Lv 10 = DEF +20 (Flat) & MDEF 10% (Percentage) - LV 1 = PlayerLvl × 2.5%
Lv 10 = PlayerLvl × 25% - LV 1 = PlayerLvl × 2.5%
Lv 10 = PlayerLvl × 25% - LV 1 = DEF & MDEF 12%
Lv 10 = DEF & MDEF 30%
Skill Menurunkan DEF/MDEF
- Menggunakan skill ini, akan selalu membuat DEF/MDEF kamu menjadi 0, berapa pun stat yang kamu miliki.
- - One Handed Sword
LV 1 = DEF & MDEF -49%
Lv 10 = DEF & MDEF -45%
- Two Handed Sword
LV 1 = DEF & MDEF -99%
Lv 10 = DEF & MDEF -90%
- Dual Sword
LV 1 = DEF & MDEF -99%
Lv 10 = DEF & MDEF -90%
- Other
LV 1 = DEF & MDEF -99%
Lv 10 = DEF & MDEF -90% - LV 1 = DEF & MDEF -1000
Lv 10 = DEF & MDEF -100
📽 Video
[Masih dalam proses]
🌐 History
- https://toramonline.com/index.php?threads%2Fdoes-defense-matter.20911%2Fpage-2&fbclid=IwAR19Tdq4jMFuw3RQjEAOtjSAEEdDqlW6Nd2qlsoTd-Vlxdem4Fk_GCwdcac#post-261655
- Kaesa Lyrih : https://www.facebook.com/hashtag/infostatus/?__gid__=319940072042046
- Joji : https://docs.google.com/presentation/d/1r9-SNWPAki2OdhRK5bDB-n-0IITVf-Oi3My3BDAezrQ/edit#slide=id.g8ca0893764_0_37
- https://coryn.club/
keren
BalasHapusMksh
Hapus