Penjelasan Detail Proration (Prorate) Toram Online: Ubah Kebingungan Menjadi Pemahaman!

 Penjelasan Detail Prorate (Prorasi/ Prorata) Toram Online

Pernahkah kamu merasa bingung dengan istilah "prorate" di Toram? 

Banyak pemain baru yang kesulitan memahami prorate, dan hal ini dapat memicu kesalahpahaman dan bahkan intimidasi. Artikel ini hadir untuk membantumu memahami prorate secara detail dengan cara yang mudah dipahami.

🌐 Pembahasan

  ↳ NPC Adventurer (Petualang)
  ↳ Pengertian Prorate
  ↳ Klasifikasi
  ↳ Tumpukan Prorate
  ↳ Faktor Perusak Prorate
  ↳ Prorate pada Monster (Mob/ Miniboss/ Boss)
  ↳ Info tambahan

NPC Adventurer (Petualang)


Basic awal terkait prorate bisa kamu pelajari melalui NPC Adventure (Petualang), bicara lah ke NPC tersebut di, 

 Sofya City (Kota Sofya). ➜ Perpustakaan

Kamu akan dijelaskan mengenai Status Ailments, Red Zone Attacks & Proration. Jika males login game, kamu bisa ke link ini (NPC), seluruh pembicaraan dari NPC Petualang sudah tersedia di laman tersebut.

NPC Adventure (Petualang)
NPC Adventure (Petualang)


Pengertian Prorate


Prorate adalah siklus kerusakan yang dipengaruhi oleh tipe serangan (normal/fisik/sihri). Pada dasarnya menurunkan damage dari tipe serangan yang sama dan meningkatkan damage dari tipe serangan yang berbeda.

Jika serangan yang sama digunakan berulang kali, damage akan menurun karena sistem prorate. Menggunakan serangan yang berbeda dapat membantu menjaga damage tetap tinggi.

Bila kamu menggunakan 1 tipe serangan terus -menerus… maka luka serangan akan melemah. Monster jadi terbiasa dengannya dan serangan itu jadi kurang efektif, tapi ini juga dapat dimanfaatkan.

Saat monster terbiasa dengan 1 jenis serangan, ia jadi lemah terhadap jenis serangan lain, jadi kalau monster yang sudah terbiasa dengan serangan biasa diserang dengan skill fisik atau sihir, luka yang dideritanya akan lebih besar dari biasanya. 

Ada monster yang mudah terbiasa, ada yang sulit. Ingat saja, kalau luka serangan yang diberikan mengecil, itu saatnya mengganti tipe serangan. (NPC Adventure)

Proration (Penurunan kerusakan)
Proration (Penurunan kerusakan)

Note:
Tidak ada penyebutan yang keliru untuk Proration/Prorate atau dalam bahasa Indonesia Prorasi/ Prorata.


Klasifikasi


Prorate sendiri terdiri 3 jenis, yaitu:
  1.  Normal Attack (Normal/Biasa)
    Ini adalah serangan basic attack, yang dilancarkan secara otomatis. Serangan ini dapat mengalami luput, hit, gores, dan critical.

    Apabila serangan ini dilancarkan terus menerus akan meningkatkan kerusakan untuk skill fisik dan skill sihir berikutnya, namun mengurangi kerusakan untuk serangan otomatis (basic attack) berikutnya.

    Normal Attack (Normal/Biasa)

  2. Physical Skills (skill fisik)
    Setiap serangan yang menggunakan skill fisik. Serangan ini dapat mengalami luput, hit, gores, dan critical.

    Prorasi dari serangan ini dapat meningkatkan damage (kerusakan) untuk serangan Normal dan skill sihir berikutnya, namun mengurangi damage untuk keterampilan fisik berikutnya.

    Physical Skills (skill fisik)

  3.  Magic Skills (skill sihir)
    Setiap serangan yang menggunakan skill magic. Pada dasarnya skill ini membutuhkan rapalan. Skill ini juga tidak memiliki akurasi sehingga tidak akan mengalami luput ataupun gores.

    Prorasi dari serangan ini dapat meningkatkan kerusakan untuk serangan normal dan skill fisik berikutnya, namun mengurangi kerusakan untuk keterampilan sihir berikutnya.

    Magic Skills (skill sihir)

Note:
- Terdapat beberapa skill yang berjenis kerusakan fisik, namun memiliki prorasi magic, oleh karena itu selalu membaca deskripsi skill sebelum di learn (pelajari).
- Untuk mengetahui serangan yang dilancarkan bertipe fisik atau sihir (Prorasi), dapat dilihat pada skill Tree atau kunjungi https://coryn.club/

Tipe Prorasi




Tumpukan Prorate


Setelah kerusakan dihitung, setiap serangan akan menerapkan tumpukan prorate berdasarkan jernis serangan. Setiap tumpukan prorate akan mengurangi atau meningkatkan kerusakan serangan berikutnya. Tabel sebagai berikut:

Tumpukan Prorate
Tumpukan Prorate


Contoh:
Misalnya serangan yang kita lancarkan 5x serangan berjenis normal, kemudian katakanlah setelah itu kamu menggunakan skill sihir, maka akan terjadi peningkatan pada skill sihir, sebagai berikut:
  • Serangan Normal Pertama:
    kerusakan normal, 1 prorate serangan normal
  • Serangan Normal Kedua:
    -50% kerusakan, 2 prorate serangan normal
  • Serangan Normal Ketiga:
    -75% kerusakan, 3 prorate serangan normal
  • Serangan Normal Keempat:
    -87,5% kerusakan, 4 prorate serangan normal
  • Serangan Normal Kelima:
    -93,75% kerusakan, 5 prorate serangan normal
  • Serangan Magic:
    +200% kerusakan, 1 prorate skill magic



Combo mempengaruhi prorate, jadi untuk meminimalisir penalti dan memaksimalkan bonus prorate gunakanlah jenis serangan yang berbeda. Setiap monster (mob/ miniboss/ boss) memiliki stat prorasi yang berbeda-beda pastikan mengetahui setiap info tersebut disini.


Faktor Perusak Prorate


Berikut beberapa hal yang dapat merusak prorasi, yaitu:
  • Stabilitas senjata (stability)
    Setiap senjata memiliki stabilitasnya masing-masing. stabilitas adalah salah satu yang mencegah terjadinya prorasi (jika 100%). Capailah stabilitas 100%, untuk role penembak mungkin akan sangat mudah namun untuk beberapa role lain seperti pedang ganda akan sedikit sulit.
  • Spam Combo 
    Beberapa susunan skill dalam combo dapat merusak prorasi, mengapa? karena, jika kamu terus mengulangi jenis serangan yang sama, maka musuh akan terbiasa, oleh karena itu selingi dengan jenis kerusakan yang berbeda. Contoh seperti "impact (magic) ➜ Shining Cross (fisik)". 
  • Perhatikan Party (regu)
    Tidak semua orang mengetahui tentang prorasi, maka dari itu hal yang lumrah jika masih banyaknya orang yang mengabaikan terkait hal tersebut. Apabila menemukan member party yang melakukan spam berlebihan tanpa diselingi basic attack atau jenis serangan yang lain, silahkan diperingati saja untuk selalu menjaga prorasi, demi menghindari drop damage.

Proration pada Monster (Mob/ Miniboss/ Boss) 


Semua monster memiliki rasio proration awal 100% untuk setiap kategori, yaitu.
  • Phy 100% 
  • Magic 100% 
  • Normal 100%
Jika kamu menggunakan jenis serangan apa pun sekarang, itu akan melakukan 100% dari dmg-nya. Jika Anda menggunakan keterampilan fisik, ini adalah bagaimana rasio prorata akan berubah:
  • Phy (100-x)% 
  • Magic (100+y)% 
  • Normal (100+z)%
Variable 'x', 'y' dan 'z' disebut tingkat Proration Bos atau massa untuk serangan normal, fisik dan magis. Sekarang jika kamu menggunakan skill sihir, akan menghasilkan (100+y)% dmg dari dmg regulernya yaitu y% lebih banyak kerusakan, hal yang sama berlaku untuk serangan normal +z% lebih banyak kerusakan, tetapi jika kamu menggunakan skill fisik, itu akan menghasilkan x% lebih sedikit dmg atau (100-x)% dari dmg biasa.

Sekali lagi jika kita menggunakan keterampilan fisik, ini akan terjadi
  • Phy (100-2x)% 
  • Magic (100+2y)% 
  • Normal  (100+2z)%
Sekarang menggunakan sihir atau serangan normal akan memberikan 2y% lebih banyak dmg, tapi 2x% lebih sedikit dmg untuk keterampilan fisik. Ini adalah waktu yang ideal untuk menggunakan skill sihir atau serangan normal. Ayo lakukan serangan Normal sekarang,
  • Phy (100-x)% 
  • Magic (100+3y)% 
  • Normal (100+z)%
Kalian bisa menebak apa yang akan terjadi jika kita menggunakan skill sihir sekarang? 3y% lebih banyak dmg, Mari kita coba menggunakan skill sihir.
  • Phy (100)% 
  • Magic (100+2y)% 
  • Normal (100+2z)%
Skill sihir akan memperoleh dmg yang tinggi, Kamu dapat melihat tingkat Proration fisik kembali ke (100)% sekarang. Waktu yang tepat untuk menggunakan serangan Normal dan meningkatkannya menjadi (100+x)%. Mari kita coba,
  • Phy (100+x)%
  • Magic (100+3y)% 
  • Normal (100+z)%
Setelah itu gunakan dua skill sihir lalu gunakan auto attack dan seterusnya. Nah, begitulah cara kerja Proration, mungkin terlalu sulit dicerna pada percobaan pertama.

Contoh lain


Miniboss Bloodie Crystal (Kristal Berdarah) memiliki masing-masing rasio proration 20%.
 - Physical proration 20% 
 - Magic proration 20%
 - Normal proration 20%

Proration Awal
 - Physical proration 100% 
 - Magic proration 100% 
 - Normal proration 100% 

Combo yang kita gunakan pada miniboss
Hard Hit  Magic: Arrows ➜ Magic: Impact ➜ Meteor Breaker (tanpa tag combo)

Katakanlah dealt damage masing-masing skill sebagai berikut:
 - Hard Hit = 30.000
 - Magic: Arrows =  20.000
 - Magic: Impact = 10.000
 - Meteor Breaker = 50.000

Proration awal 
 - Physical proration 100%  dmg (Hard Hit: 30.000 x 1 = 30.000)
 - Magic proration 100% dmg
 - Normal proration 100% dmg

Proration setelah "Hard hit"
 - Physical proration 80%  dmg
 - Magic proration 120% dmg (Magic: Arrows: 20.000 x 1.2 = 24.000)
 - Normal proration 120% dmg

Proration setelah "Magic: Arrows"
 - Physical proration 100%  dmg
 - Magic proration 100% dmg (Magic: Arrows: 10.000 x 1 = 10.000)
 - Normal proration 140% dmg

Proration setelah "Magic: Impact"
 - Physical proration 120%  dmg (Meteor Breaker: 50.000 x 1.2 = 60.000)
 - Magic proration 80% dmg 
 - Normal proration 160% dmg

Proration setelah "Meteor Breaker"
 - Physical proration 100%  dmg
 - Magic proration 100% dmg
 - Normal proration 180% dmg

Perlu diketahui proration bonus minimum adalah 50% dan proration maksimum adalah 250%, semakin tinggi kamu menjangkau nilai maksimum maka semakin tinggi pula damage yang dihasilkan


 Perhitungan Bonus Proration 


Info Tambahan


Beberapa info tambahan tentang prorasi
  1. Rasio Proration x, y, z berbeda untuk setiap monster
  2. Proration minimum adalah 50% dan proration maksimum adalah 250%
  3. Jika serangan normal missed (terlewatkan) atau evaded (dihindari) maka tidak ada proration dan setiap skill dapat di prorasi selama mencatat hit, tidak masalah meskipun miss atau evade.
  4. Semua skill sihir yang memiliki area wajib terkena dalam area tersebut, supaya prorationnya dapat terhitung. (Impact, finale storm, dll) 
  5. Semua skill dan serangan otomatis (multiplier) hanya terhitung satu kali prorasi saja. Contoh Storm memiliki 6 kali hit namun tidak terhitung prorasi 6 kali melainkan tetap 1 kali prorasi, Hal yang sama berlaku untuk semua skill dari kelas lain, bahkan jika kamu menekan dua kali dalam 1 serangan otomatis, itu masih 1 kali prorasi (hanya animasi yang berubah, total dmg serangan otomatis kamu tetap sama)
  6. Hanya ada 5 keterampilan yang dianggap sebagai skill fisik tetapi memiliki magic proration, yaitu:
    - Tempest (blade skills)
    - Spinning slash (dual sword skill)
    - Punish ray (halberd skill)
    - Red tear (dark power skill).
    - Soul Hunter (dark power skill).
    Perlu diketahui bahwa skill tersebut membutuhkan proration fisik untuk meningkatkan kerusakan mereka sendiri.


🌐 Referensi
  • https://toramonline.com/index.php?threads/proration-mechanism.50274/
  • https://toram.fandom.com/wiki/Damage


0 Comments

Posting Komentar