Penjelasan Aggro Toram Online

Penjelasan Aggro Toram Online

Apa itu Aggro?


Aggro adalah singkatan dari "aggressiveness", yang mengacu pada tingkat kebencian yang dimiliki monster terhadap karakter pemain. Semakin tinggi aggro pemain, semakin besar kemungkinan monster akan menyerang mereka.

Pada dasarnya, jika karakter Anda menghasilkan aggro terbanyak pada monster, monster tersebut akan memprioritaskan karakter Anda untuk diserang.


Bagaimana Cara Kerja Aggro?


Karakter Anda dapat menghasilkan aggro dengan berbagai cara, seperti:
  • Terlibat dalam pertempuran dengan musuh untuk pertama kali.
  • Melakukan serangan.
  • Menggunakan skill.
  • Mencuri aggro dari karakter lain

Menghitung Aggro


Aggro di Toram Online dihitung berdasarkan beberapa faktor, termasuk:

  • MP
    • Setiap 1MP yang digunakan menghasilkan 10 Aggro.
  • Serangan
    • Serangan pertama pada musuh menghasilkan 2000 Aggro.
    • Serangan otomatis (auto attack) menghasilkan 100 Aggro.
  • Skill
    • Skill 100MP menghasilkan 1000 Aggro.
    • Skill 500MP menghasilkan 5000 Aggro.
    • Skill 1600MP menghasilkan 16000 Aggro.
  • Sukses Mencuri Aggro
    • Mencuri Aggro menghasilkan = (2000 + MP yang digunakan selama mencuri * 2) (tak terpengaruh oleh persentase aggro dari peralatan)
  • Support Aura
    • Setiap Aura Dukungan pada caster menghasilkan = 30 Aggro + 30 Aggro * jumlah orang yang terhubung.
  • Guardian Aura
    • Guardian Aura pada caster menghasilkan = 50 Aggro + (32 + Shield Refine + MAX(0; Shield Refine - 12)) * jumlah orang yang terhubung. (tak terpengaruh oleh persentase aggro dari peralatan)

Penjelasan Aggro dan Pencurian Aggro:

Misalkan
  • 1MP = 10 Aggro
  • A dan B adalah pemain
  • A menyerang pertama, mendapatkan 2000 Aggro (sebagai orang pertama yang terlibat)
  • A menggunakan 100MP, Aggro A menjadi 3000
  • B menggunakan 400MP, Aggro B menjadi 4000, mencuri Aggro A karena Aggro B lebih tinggi
  • Bonus Pencurian Aggro B = 2000 + (400 x 2) = 2800
  • Total Aggro B = 4000 + 2800 = 6800
  • A menggunakan 1600MP, Aggro A menjadi 19000
  • A mencuri Aggro B secara otomatis
  • Bonus Pencurian Aggro A = (2000 + 3200) = 5200
  • Total Aggro A = 19000 + 5200 = 24200
  • B membutuhkan Aggro lebih dari (24200 - 6800) = 17400 untuk mencuri Aggro A kembali


Manfaat Aggro


Aggro memiliki manfaat untuk melindungi party. Tank, yang merupakan karakter dengan aggro tinggi, dapat menarik perhatian monster dari karakter lain di party, sehingga mereka dapat menyerang dengan aman.


Jenis-jenis Aggro


Ada dua jenis aggro di Toram Online:

  • Individual aggro
    • Aggro yang dimiliki oleh setiap karakter secara individual. 
    • Tidak dapat menarik monster lain. 
    • Dipengaruhi oleh: 
      • Serangan auto
      • Skill yang digunakan. 
      • MP yang dihabiskan. 
      • Peralatan yang dipakai.
  • Global aggro:
    • Aggro bersifat global atau menyeluruh (baik party ataupun di ally)
    • Dihasilkan dari skill support. 
    • Dapat menarik banyak monster lain. 
    • Dipengaruhi oleh: 
      • Skill support yang digunakan.
      • MP yang dihabiskan. 
      • Peralatan yang dipakai.

Aggro Mercenary


Aggro Mercenary

Mirip dengan perhitungan aggro sebelumnya, Defender Merc memiliki beberapa perbedaan:

  • Serangan otomatis: 500 
  • Bonus aggro: 3x pada musuh tanpa aggro 
  • Total aggro (tanpa aggro musuh): 3x 
  • Serangan otomatis (tanpa aggro musuh): 500 x 3 = 1500 
  • Kerusakan skill (100MP): 1000 x 3 = 3000
Berbeda dengan player, serangan otomatis merc tidak menghasilkan aggro saat Miss (luput) atau Evasion. Keterampilan merc juga tidak menghasilkan aggro sama sekali, meskipun keterampilan player dapat menghasilkan aggro saat Miss atau Evasion.


Catatan


  • Serangan otomatis yang miss (luput) atau evasion tidak akan menghasilkan aggro. Sementara itu, skill Anda (termasuk tipe serangan) masih menghasilkan aggro.
  • Perhitungan aggro MP dilakukan sebelum pengurangan MP dari tag kombo dan pengurangan MP setengah seperti Impact, kecuali untuk skill yang menggunakan semua MP (Qi Charge/Arcane/dll.) yang terjadi sebelum tag kombo dan setelah pengurangan MP setengah. Bonus senjata seperti pengurangan MP gulungan dan pengurangan MP perisai pada protection/aegis diterapkan terlebih dahulu, diikuti oleh perhitungan aggro.
  • Perhitungan aggro memiliki pembulatan ke bawah, jadi jika Anda memiliki seperti 1365.5 x 2 maka dihitung sebagai 1365 x 2 = 2730 bukan 2731.
  • Terdapat beberapa skill yang menghasilkan aggro tambahan, seperti Provoke, Rage Sword, P.def, Binding Strike.
  • Aggro target terhadap Anda akan hilang (diatur ulang ke 0) jika jarak Anda dengan target melebihi 24 meter. Hal ini tidak berlaku di ruang bos seperti Boss, Dungeon, Guild Maze, dan lain-lain. Namun, aggro target akan tetap ada meskipun Anda berada di atas 100 meter jika ada orang lain yang menyerang atau terlibat dengan target.
  • Anda masih bisa menghasilkan aggro pada jarak lebih dari 24 meter. Hindari mencuri aggro pada jarak tersebut. Jika Anda mencuri aggro dari jarak jauh, aggro Anda akan hilang dan bonus mencuri aggro (2000) akan diberikan kepada anggota tim dengan aggro tertinggi kedua. Hal ini tidak berlaku di ruang bos.
  • Guardian memberikan pengganda aggro% untuk dirinya sendiri dan mengurangi aggro% orang lain. Penting untuk dicatat bahwa aggro ini berbeda dengan aggro% dari peralatan/keterampilan dan bersifat akumulatif secara multiplikatif.


🌐 Sumber
  • Discord: Phantom Library (Joji Torai)


0 Comments

Posting Komentar